logo

Copyright ©2016 ThemeMascot

Home

OPERASI TANPA BEDAH GAMMA KNIFE

Dengan kedatangan Gamma Knife Icon, keberadaan akan multi metastasis otak tidaklah lagi menjadi titik akhir untuk penghentian penanganan, atau dengan kata lain: sebagai ‘hukuman mati’. Kami juga mampu menghindari tindakan radioterapi otak secara keseluruhan, yang dimana hal ini dapat meningkatkan resiko akan penurunan fungsi kognitif. Para pasien penderita kanker yang memiliki pengendalian yang baik akan penyakit utama mereka, metastasis otak yang ada menjadi dapat ditangani dengan tingkat keberhasilan yang sangat tinggi. Kemudian, para pasien ini akan di-follow-up selama periode 3-6 bulan dengan pemindaian MRI. Pada kondisi kemunculan metastasis yang baru, para pasien pun dapat ditangani ulang dengan menggunakan Gamma Knife. Dengan demikian, pemfungsian kognitif pada para pasien ini dapatlah dijaga dan kualitas hidup mereka yang baik dapatlah dicapai. Fungsi dan kualitas hidup mereka pun dapat dipelihara. Namun, angka harapan hidup para pasien adalah ditentukan oleh status penyakit primernya. 

 

Sebelum adanya teknologi Gamma Knife, lesi-lesi seperti contohnya malformasi arteri-venosa (AVMs/ arterio-venous malformations), tumor tulang tengkorak dasar, dan tumor pituitari yang berukuran besar dan kambuhan, haruslah ditangani dengan tindakan pembedahan yang memiliki resiko tinggi. Dengan Gamma Knife dan khususnya dengan rencana penanganan yang lebih baik, lesi-lesi ini sekarang menjadi dapat ditangani pada basis rawat jalan dengan resiko rawat inap yang sangat rendah dan tingkat pengendalian yang tinggi. Dengan demikian, tingkat indikasi untuk beralih dari tindakan pembedahan otak terbuka ke penggunaan Gamma Knife pun meningkat.

Penanganan dengan Gamma Knife tidaklah terbatas pada penanganan tumor, namun juga dapat diaplikasikan untuk menangani gangguan-gangguan fungsional lainnya seperti contohnya neuralgia trigeminal. Neuralgia trigeminal saat ini dapat ditangani dengan Gamma Knife dengan tingkat resiko yang rendah dan tingkat pengendalian yang tinggi. Gamma Knife juga telah digunakan di dalam penanganan gangguan-gangguan gerakan tubuh seperti contohnya penyakit Parkinson dengan gejala dominan yang berupa tremor, tremor esensial, dan gangguan-gangguan kompulsif-obsesif.

 

Tindakan bedah otak terbuka akan tetap menjadi penanganan utama bagi para pasien simtomatik dengan lesi yang bertumbuh dengan cepat. Dengan kata lain, paradigma penanganan akan terus bergeser ke arah penangan yang lebih bersifat tidak invasif, efektif, dan yang lebih akurat, seperti contohnya penggunaan Gamma Knife. Dari mulai berperan sebagai alat pelengkap di dalam armamentarium bedah yang digunakan oleh dokter ahli bedah, iterasi yang terbaru dari Gamma Knife, yaitu Gamma Knife Icon, telah berubah menjadi modalitas pengganti tindakan pembedahan di banyak indikasi konvensional. Seperti halnya di Sunway Medical Centre Malaysia Gamma Knife Icon ini sudah mulai dioperasikan dan digunakan , ditawarkan melalui paket perawatan yang berbasis Frame seharga RM 48000 dan tanpa Frame seharga RM 35000, harga tersebut hanya untuk biaya prosedur juga biaya dokter saja, diluar dari pemeriksaan dan perawatan selama di rumah sakit.  

Share:

Tags: bedah otak, berobat ke malaysia, Kesehatan

Comments