logo

Copyright ©2016 ThemeMascot

Home

SBRT : Perawatan Tumor/kanker Pilihan Baru

RADIOTERAPI TUBUH STEREOTAKTIK (SBRT): SEBUAH PERAWATAN PILIHAN BARU

Spesifik tumor , disesuaikan dengan kondisi pasien , Target pada organ bergerak yang Real Time.

Di tangan para ahli, banyak dari dokter ahli onkologi yang saat ini menggunakan kemampuan yang unik dari SBRT, dimana penggunaan ini dapat memberikan presisi dan potensi maksimum yang dibutuhkan untuk menangani beragam kanker yang bersifat agresif, dan hal ini telah merubah beberapa teknik radiasi konvensional. Pusat Kanker dan Radiosurgeri Sunway menggunakan bentuk Terapi Radiasi ini dengan TrueBeamStx Linear Accelerator untuk menangani tumor pada

Apa itu SBRT?

SBRT adalah bentuk terapi radiasi dengan tingkat presisi tinggi untuk mentarget tumor pada paru-paru, prostat, tulang belakang, dan liver, dimana tindakan penanganannya sangat akurat dalam satuan akurasi yang mencapai satu milimeter. SBRT merupakan penanganan non-bedah yang memberikan radiasi tertargetkan secara tepat dengan tingkat dosis yang lebih tinggi hanya dalam hitungan beberapa hari penanganan saja, hal ini tentu saja jauh lebih unggul dibandingkan dengan terapi radiasi konvensional yang dapat memakan waktu berminggu-minggu.

Apa keunggulan SBRT?

Manfaat/ keunggulan kunci dari SBRT adalah sebagai alternatif pengganti operasi bedah, waktu penanganan yang lebih singkat, akurasi yang tinggi, outcome yang lebih baik, dan tingkat komplikasi yang rendah.

Pada terapi konvensional, radiasi diberikan dengan dosis yang rendah selama berminggu-minggu, dimana pasien diharuskan datang untuk mendapatkan penanganan harian selama periode tersebut. Namun, dengan SBRT, para dokter mampu untuk memberikan dosis radiasi terkombinasi  yang lebih tinggi dengan waktu yang lebih singkat. SBRT diketahui dapat memberikan outcome yang lebih baik jika dibandingkan dengan terapi radiasi konvensional. Dimana tingkat keberhasilan dalam dua tahun untuk penanganan konvensional hanyalah berkisar dari 30 sampai 40 persen, sedangkan tingkat keberhasilan untuk SBRT adalah berkisar 80 sampai 90 persen – yang dimana angka ini sama dengan tingkat keberhasilan yang dapat diberikan oleh tindakan pembedahan namun dengan tingkat resiko yang jauh lebih rendah. 

Apakah SBRT bekerja/ berfungsi?

SBRT digunakan untuk menangani kanker paru-paru stadium dini, dimana tindakan pembedahan tidaklah dapat dilakukan karena kondisi kesehatan pasien yang tidak memungkinkan, atau karena pasien tidak menginginkan tindakan pembedahan. Pengalaman kami dengan penggunaan image-guided respiratory-gated SBRT (SBRT berpintu-respiratori berpanduan gambar) untuk penanganan kanker paru-paru cukuplah menjanjikan, dan tampaknya tindakan ini memiliki tingkat resiko komplikasi yang rendah

 
Share:

Tags: berobat ke malaysia, Kesehatan, Sunway Medical Centre

Comments